Aeron – Solusi Standar Keselamatan Baru Dalam Dunia Penerbangan

 

Ikhtisar

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan alat transportasi penerbangan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan berkat meningkatnya jumlah penerbangan untuk aktivitas pariwisata. Bahkan menurut analisis konservasi, penerbangan menyumbang sekitar 892, 4 milliar dolar guna mendukung segala aktivitas ekonomi pariwisata. Grafik menunjukkan bahwa aktivitas penerbangan di tahun 2017 meningkat cukup tajam hingga mencapai 21,600 penerbangan dengan jumlah angkutan 3.57 miliar penumpang.  Meski menunjukkan hasil positif, peningkatan aktivitas penerbangan ini dianggap memiliki sejumlah permasalahan terkait dengan keamanan penerbangan.

Permasalahan utama yang dihadapi oleh pelaku industri penerbangan adalah angka kecelakaan penerbangan yang relatif tinggi. Frekuensi kecelakaan di dunia penerbangan rata-rata bisa mencapai 3302 per tahun. Untuk aktivitas penerbangan yang mencapai 100.000 penerbangan dan melayani 2 juta penumpang tiap harinya, angka ini bisa dikatakan tidaklah sedikit. Parahnya, kecelakaan dalam aktivitas angkutan udara ini didominasi karena faktor manusia. Faktor manusia yang menyebabkan kecelakaan pesawat terbang bisa berupa pilot yang kurang berpengalaman maupun kerumitan sistem pengoperasian pesawat.

Tentu kamu mengetahui bahwa pengalaman penerbangan tidak bisa didapatkan secara instan melainkan melalui latihan, ujian dan praktik yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Namun, dalam praktiknya, banyak pilot kurang berpengalaman terjun ke lapangan dengan melakukan negosiasi catatan log penerbangan. Belum lagi dengan adanya praktik jual beli pekerjaan pilot serta kurangnya kontribusi sekolah penerbangan dalam melatih para pilot agar bisa mengatur jam kerja mereka dengan benar, tentu turut memperkeruh permasalahan dunia penerbangan.

Keadaan tersebut diperparah dengan jumlah sistem yang terlalu banyak dalam operasional penerbangan. Data layanan penumpang hingga manajemen kru lazimnya disimpan dan diatur menggunakan sistem yang terpisah oleh masing-masing maskapai. Hal ini justru membuat sinkronisasi maupun pertukaran data dalam penerbangan tidak selalu berjalan mulus sehingga riskan menimbulkan kesalahan. Kesalahan dalam proses sinkronisasi data antar maskapai seperti ini bisa mengancam keamanan dan keselamatan penerbangan.

Aeron

Dari permasalahan di atas, keamanan privasi data penumpang, informasi awak pesawat serta manifes penerbangan menjadi perhatian khusus dalam usaha peningkatan keamanan data penerbangan. Teknologi Aeron Blockchain hadir sebagai solusi atas permasalahan ini dengan menawarkan pendekatan yang berbeda dalam pengelolaan dan pertukaran informasi data penerbangan. Blockchain memanfaatkan teknologi pembungkus keamanan berisiko minimal namun tetap transparan. Teknologi ini memungkinkan pengelola berbagi informasi melalui persyaratan akses yang terotorisasi demi mengurangi risiko pencurian dan penyalahgunaan data penerbangan.

Sebagai teknologi yang dikenal akan transparansinya, Aeron Blockchain akan menampilkan catatan log pilot dan perawatan pesawat terbang mulai catatan transaksi yang paling tidak efisien dan paling buruk hingga catatan transaksi yang paling optimal. Teknologi ini akan memastikan bahwa proses transaksi pembelian suku cadang pesawat merupakan transaksi yang sah disertai dengan bukti virtual mengenai informasi pesawat secara mendetail sejak awal pengadaan pesawat terbang tersebut.

Manfaat Bagi Maskapai Penerbangan

Banyak pihak yang beranggapan bahwa penggunaan Aeron Blockchain nantinya akan merevolusi industri penerbangan. Hal ini bukan tanpa alasan sebab teknologi Aeron Blockchain memang didesain memiliki visibilitas mendalam demi meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi dalam operasional maskapai penerbangan. Aeron bekerja layaknya maskapai penerbangan portable yang praktis. Sistem ini melindungi informasi di dalamnya menggunakan otentifikasi multi-sig serta fitur blokir yang cerdas demi mencegah adanya perubahan data vital. Sehingga perubahan data hanya bisa dilakukan oleh pihak pengguna yang memiliki otorisasi saja.

Seperti yang sudah kamu ketahui, aplikasi ini memang berpusat pada keamanan database. Data yang ada di dalam aplikasi akan tersimpan selamanya, tidak dapat diganggu gugat, padat, terenkripsi dan terlindungi oleh enkripsi data. Meski dilindungi oleh sistem kriptografi, data transaksi, surat perjanjian identitas barang maupun orang serta data transmisi yang tersimpan bersifat transparan sehingga masih bisa dilihat oleh semua pengguna.

Jenis Aplikasi Aeron Blockchain

Ada dua jenis aplikasi Aeron yang bisa dipakai oleh maskapai penerbangan yakni aplikasi pilot dan aplikasi perusahaan. Sebagai pilot, kamu bisa menggunakan aplikasi Aeron untuk merekam catatan penerbangan secara pribadi hanya dengan menggunakan smartphone. Selain merekam data penerbangan secara mendetail, aplikasi ini juga mudah digunakan, sudah disesuaikan dengan aturan otoritas penerbangan dan bisa didapatkan dengan menggunakan uang digital. Aplikasi ini akan membantu pilot memperoleh kepercayaan publik karena berisi informasi valid mengenai pengalaman penerbangan maupun karir kamu sebagai instruktur penerbangan.

Sedangkan aplikasi Aeron untuk perusahaan dipakai oleh maskapai penerbangan untuk mengumpulkan data operator pesawat terbang, operator pusat, organisasi perawatan pesawat, sekolah penerbangan serta untuk memverifikasi data tersebut. Dengan menggunakan aplikasi ini, otoritas penerbangan bisa dengan cepat mendeteksi dan mengatasi permasalahan dalam penerbangan, seperti data penerbangan yang tidak sinkron dengan database Aeron manapun serta mengetahui apabila terdapat pilot yang memiliki lisensi kadaluarsa.

Seperti layaknya aplikasi Aeron untuk pilot, aplikasi perusahaan ini juga mudah dioperasikan, sudah disesuaikan dengan aturan otoritas penerbangan serta memiliki fitur pembayaran menggunakan kriptocurrency. Aplikasi ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengelola manajemen pemeliharaan pesawat terbang, melakukan pemesanan pesawat dengan mudah serta mengatur arus pelanggan baru melalui aplikasi pengalaman pilot.

WEBSITE WHITEPAPER AAN thread

Author
Maiyah
Maiyah profil