Malware baru mengincar perangkat Apple

Malware baru mengincar perangkat Apple

Sebuah ancaman baru bagi pengguna Apple telah ditemukan yang memanfaatkan teknik-teknik baru untuk menginfeksi perangkat, memberikan akses penyerang untuk informasi peramban dan kontrol, instalasi aplikasi, dan banyak lagi.

Malware baru mengincar perangkat Apple

Malware baru mengincar perangkat Apple

 

Claud Xiao, seorang analis riset di Palo Alto Networks, memperingatkan bahwa “YiSpecter berbeda dari iOS sebelumnya terlihat malware dalam hal menyerang perangkat iOS baik Jailbreak dan non-Jailbreak melalui perilaku berbahaya yang unik dan berbahaya.” Menurut Palo Alto, kode menggunakan API swasta Apple untuk fungsi, dan telah berhasil menyelinap melalui App Store.

Temuan menunjukkan bahwa YiSpecter telah hadir di alam liar selama hampir satu tahun. Pengguna juga menemukan kesulitan ekstrim menghapus ancaman sekali terinfeksi, seperti malware dapat menginstal ulang sendiri jika tidak dibuang dengan baik. Instruksi untuk penghapusan dapat ditemukan di bawah “Pencegahan dan Penghapusan YiSpecter” seperti yang dijelaskan oleh Xian.

Salah satu kemampuan dari malware ini adalah untuk meng-uninstall aplikasi, dan menginstal lain pada perangkat pengguna. Sebuah perilaku kunci YiSpecter menginstal aplikasi palsu yang muncul untuk menjadi program akrab seperti Cuaca, Catatan, dan banyak lagi. “Penulis yang digunakan khusus nama aplikasi display,” jelas Xiao, “untuk membuat mereka terlihat seperti aplikasi sistem iOS.”
Baca juga: Cara mengetahui kecepatan internet android

YiSpecter telah muncul pada tumit hacks KeyRaider terbaru di mana pengguna dengan ponsel Jailbrake ditargetkan untuk mencuri informasi pengguna, membuat tuduhan penipuan, dan pengguna bahkan kunci dari ponsel mereka. Malware lain sehingga dijuluki XcodeGhost juga telah muncul bulan lalu yang tidak juga mempengaruhi perangkat non-Jailbroken juga, namun Xiao mencatat bahwa “sementara YiSpecter dan XcodeGhost kedua menyerang perangkat iOS non-Jailbroken, mereka tidak terkait satu sama lain.”