Mewujudkan Penerbangan yang Aman Dengan Aeron Blockchain

Masalah

Sebagai salah satu alat transportasi teraman di dunia, angkutan udara ternyata mencatatkan rekor kecelakaan yang cukup mengejutkan dalam 4 tahun terakhir. Tercatat sekitar 3302 kecelakaan yang berhubungan dengan angkutan udara terjadi tiap tahunnya. Di mana 57% disebabkan faktor manusia, 22% dikarenakan masalah teknis, 12% dikarenakan faktor cuaca dan 9% oleh faktor lainnya. Catatan rekor kecelakaan ini tentu menjadi perhatian para penggiat aviasi mengingat saat ini ada 100.000 penerbangan yang mengangkut sekitar 2 juta orang setiap harinya di seluruh dunia.

Permasalahan keselamatan dunia penerbangan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari pilot yang kurang pengalaman dan minim jam terbang, rekaman jam terbang yang bisa dimanipulasi, sekolah penerbangan yang memanipulasi pengalaman penerbangan pilotnya serta operator penerbangan yang terlambat melaporkan jadwal penerbangan merupakan beberapa penyebab umum kecelakaan penerbangan. Belum lagi sistem pencatatan data log penerbangan yang masih menggunakan kertas dan pena, membuktikan bahwa dunia penerbangan membutuhkan pembaruan.

Pada umumnya, pilot dan operator penerbangan memiliki sertifikasi dan pelatihan yang memadai, namun keberadaan sistem pencatatan manual membuat data penerbangan rentan terhadap manipulasi. Sayangnya, kekurangan dalam dunia penerbangan ini minim sorotan dari media, bahkan hingga saat ini belum ada agensi maupun perusahaan resmi yang mampu mengidentifikasi integritas, profesionalisme dan kredibilitas dari para pilot angkutan udara.

Solusi

Pembaruan sistem informasi penerbangan merupakan langkah yang mutlak harus dilakukan demi mengurangi terjadinya kesalahan dalam pencatatan data penerbangan serta sebagai upaya meminimalisasi potensi terjadinya kecelakaan penerbangan. Teknologi Aeron Blockchain hadir untuk memenuhi kebutuhan ini serta sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan penerbangan. Pemanfaatan teknologi Blockchain dipercaya mampu mengurangi terjadinya kerusakan data, kehilangan data maupun pemalsuan data penerbangan yang penting sehingga mampu mengurangi terjadinya kecelakaan yang fatal secara signifikan.

Hal yang menarik dari teknologi Aeron Blockchain yakni teknologi ini hadir dalam beberapa produk yang cukup inovatif. Sebagai konsumen, kamu bisa menikmati teknologi Aeron ini dalam bentuk aplikasi mobile/web khusus untuk pilot, aplikasi mobile/web untuk perusahaan, web portal aerotrips.com, database penerbangan Blockchain khusus untuk siswa penerbangan dan desentralisasi sistem perekaman penerbangan global.

Penggunaan teknologi Aeron Blockchain ini dinilai memiliki beberapa keunggulan yang bermanfaat bagi dunia penerbangan. Sistem keamanan yang ditawarkan teknologi Blockchain mampu menjamin catatan log penerbangan yang penting tak bisa dimanipulasi berkat penggunaan sistem otentifikasi multi-sig. Meski data yang tersimpan dalam database Blockchain terenkripsi dan menerapkan sistem akses otorisasi khusus, informasi ini masih bisa dilihat oleh pengguna lainnya.

Dalam praktiknya, teknologi Aeron Blockchain mampu menampilkan visibilitas terdalam dari semua pencatatan data penerbangan. Sebagai pengguna aplikasi ini, kamu bisa mengetahui catatan log pilot, perawatan pesawat terbang, transaksi pembelian suku cadang mulai dari yang paling tidak efisien hingga yang paling optimal, informasi spesifikasi pesawat terbang yang mendetail beserta bukti-bukti virtual dan bukti transaksi yang sah.

Cara Kerja Aeron Blockchain

Perekaman data penerbangan tak bisa lepas dari perekaman kotak hitam, namun perekaman yang dilakukan kotak hitam bersifat rahasia dan tidak transparan. Sistem pencatatan yang ada dinilai belum mampu mencukupi kebutuhan pencatatan dari semua operasi penerbangan yang terjadi di seluruh dunia. Sistem ini juga dinilai kurang transparan karena hanya bisa diakses oleh pihak otoritas penerbangan saja.

Kehadiran teknologi Aeron Blockchain dinilai menjadi solusi alternatif terbaik dari sistem yang sedang berjalan saat ini. Teknologi Blockchain menyimpan data penerbangan yang bisa dilihat oleh publik namun tidak bisa diubah, dimanipulasi maupun diakses oleh setiap orang. Teknologi Aeron Blockchain ini juga menjadi suatu sarana sinkronisasi data bagi operator penerbangan, pilot, ATC maupun maskapai penerbangan. Apabila terdapat ketidaksesuaian informasi antara data Aeron dengan data pilot maupun data penerbangan lainnya, maka pihak otoritas penerbangan bisa memperbaikinya dengan cepat.

Aplikasi Aeron memungkinkan pilot untuk memasukkan data jumlah jam terbang maupun mengakses informasi lainnya seperti riwayat penerbangan dan pengalaman sebagai pilot maupun instruktur penerbangan. Pada akhirnya, aplikasi ini bisa menjadi suatu sarana promosi demi meningkatkan kepercayaan publik kepada pilot tersebut. Aplikasi Aeron ini juga memungkinkan penumpang untuk mengakses data layanan penerbangan dari seluruh dunia. Sedangkan untuk perusahaan penerbangan, aplikasi ini membantu pengelolaan catatan log, pemesanan pesawat melalui aplikasi, meninjau riwayat pilot serta sinkronisasi data dengan pihak otorisasi penerbangan.

Partisipasi Global

Satu hal yang membuat teknologi Aeron Blockchain unik dan berbeda dari aplikasi lainnya adalah aplikasi ini memungkinkan publik untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan keselamatan penerbangan. Aeron menyediakan Token Aeron Crypto sebagai alat pembayaran berbasis jaringan Ethereum. Token ini bisa dipakai untuk memesan tiket penerbangan, promosi wisata, pelatihan pilot atau menyewa pesawat untuk kepentingan pribadi.

Dengan menggunakan aplikasi Aeron, kamu bisa mengetahui informasi detail mengenai pilot beserta spesifikasi pesawat yang digunakan sebelum penerbangan. Sehingga sebagai penumpang kamu akan merasa lebih aman dan nyaman. Penggunaan Token Aeron juga memberikan peluang bagi konsumen untuk turut serta dalam revolusi dunia penerbangan dari sistem manual menjadi sistem aplikasi mobile yang lebih praktis dan aman.

WEBSITE WHITEPAPER AAN thread

Author
Maiyah
Maiyah profil